Skip to main content

Merencanakan Pernikahan dengan Biaya Murah

Memutuskan untuk menikah muda memang nggak pernah direncanakan sebelumnya. Jangankan nikah, aku juga nggak nyangka bisa cinta lokasi sama lelaki yg sekarang udah sah jadi suami aku. Waktu itu setelah lamaran, kita punya waktu 5 bulan untuk mempersiapkan pernikahan. Kita meng-handle semua sendiri, nggak pake bantuan wedding planner/wedding organizer. Mungkin untuk beberapa pasangan muda pengen nikah dengan biaya yg murah tapi vendornya bagus, termasuk kita. Kayaknya sayang aja bikin pesta mahal-mahal, karena yg terpenting bukan resepsinya, tapi kehidupan setelah menikah itu lebih penting.
Nah, di first post kali ini aku mau share gimana cara kita merencanakan persiapan pernikahan dengan budget minim. 😉

1. Menentukan Waktu dan Tempat
Waktu itu calon suami ngasih beberapa pilihan tanggal, setelah diskusi sama keluarga kedua belah pihak, akhirnya kita setuju untuk nikah di tanggal cantik, yaitu 212 (sama kaya tanggal aksi✌🏻) hari Sabtu tanggal 2 Desember 2017. Pas lah, nggak terlalu lama dan nggak terlalu cepet juga. 5 bulan itu kita merencanakan semuanya berdua, tapi tetep dengan support keluarga juga tentunya. Untuk akadnya, kita sepakat akad jam 10 pagi. Kenapa nggak jam 8 kaya pernikahan umumnya? Karena waktu itu kita udah dapet gedung yg flesksibel mau dipake jam berapapun hehe jadi kita bebas nentuin jam akad dan resepsi. Untuk resepsinya kita mulai dari jam 1 siang. Bisa dibilang waktunya middle, jadi tamu undanganpun dateng ke resepsi kita nyantai bisa dateng sore.. mungkin setelah menghadiri undangan yg lain dulu😂
Untuk tempatnya, seperti yg udah disampein sebelumnya, kita udah dapet gedung yg fleksibel. Kita nikah di Gedung Serbaguna tempat suamiku kerja. Ini cukup menghemat biaya, karena biaya gedung skrg kan udah nggak murah, apalagi di kota. Oh ya, lokasi kantor suamiku ini di Jatinangor. Alhamdulillah waktu itu kita cuma bayar kebersihan dan infaq untuk mesjid aja, karena kita akadnya di mesjid yg juga masih di lingkungan kantor.
Diskusi seputar penentuan waktu dan tempat ini kita nggak banyak diwarnai drama. Aku tipe yg nggak ngotot, dan calon suamiku jg sangat bijaksana. Karena kita sepakat, tanggal berapapun baik, dan niat kitapun baik.

2. Membuat RAB
Membuat RAB ini tercetus dari calon suami. Beliau yg bikin formatnya, kita yg ngisi detailnya. RAB ini sangat membantu, jadi kebayang nih kita butuh apa aja dan berapa biaya yg harus kita keluarkan. Dari format ini, kita juga mulai nyari vendor yg bakal bekerja sama sama kita, nentuin prioritas anggaran sampe ke tamu undangan pun kita buat di format itu.
Waktu itu calon suami buat beberapa sheet, dengan masing-masing total biaya yg berbeda-beda. Jadi kita bisa input vendor-vendor yg berbeda di setiap sheetnya. Dari situ bisa dipilih yg biayanya memungkinkan di kantong.

3. Menentukan Vendor
Untuk mengisi format RAB diatas, kolom pertama yg kita isi adalah kolom vendor-vendor yg mau kita pilih. Mulailah aku ngelist dan ngontak vendor, disini yg bertugas sebagai humas adalah perempuan😅 Beberapa vendor yg umumnya dipakai dipernikahan tuh apa aja sih?

- Catering (pengajian, akad+resepsi)
Waktu pengajian, keluarga aku lebih milih masak, untuk kue-kue keringnya bikin, dan kue basahnya beli. Kenapa lebih milih masak? Karena lebih hemat, dan bisa lebih banyak porsinya. Kalo nggak abis juga bisa dimakan dirumah hehe
Untuk akad dan resepsi, kita pake Mutiara Bagja catering. Aku tau catering ini justru dari vendor MUA yg aku pake. Sedikit cerita, Mutiara Bagja ini masih satu "dapur" sama Warung Mamah Eha yg legend di Bandung. Hal yg pentiiing bgt dilakuin sebelum memutuskan memilih catering adalah.. test food. Kita hampir aja pake catering yg menurut kita taste-nya kurang. Tapi setelah nyobain Mutiara Bagja, ini sih enak menurut kita, dan service yg dikasihpun banyak.
Kita ngambil paket yg 40.000/porsi sebanyak 800 porsi, udah dapet coffee break pas akad, 5 stand jajanan, full service termasuk dekorasi juga.

- Make Up Artist
Aku mempercayakan wajahku untuk dipoles sama Teh Tya Astria, owner dari Tya Astria Wedding Gallery. Alasan aku mau bekerja sama dengan Teh Tya adalah karena udah ketauan hasilnya bagus, orangnya baik, deket dari rumah, dan murah. Teh Tya ini adik dari Teh Aas Rianti yg kebetulan MUA hits Bandung juga, dan putri dari Bu Nur yg merupakan MUA legend di Cinunuk😁 Galeri Teh Tya di Metro Margahayu, sedangkan rumahnya sangat dekat dengan rumahku.
Paket yg aku ambil itu Paket Astria 4, detailnya yaitu make up pengantin, busana pengantin termasuk ibu bapa dan pager ayu pager bagus masing-masing 4 orang, juga dapet perawatan pra nikah (lulur, facial, creambath di Rumah Lulur Nadhira di MTC). Harga paketnya 9,5 juta. Target kita waktu itu nyari MUA dibawah 10jt. Ya lumayan lah ya~~ Teh Tya dan timnya ini semuanya ramah-ramah, baik, sabar biarpun kita kadang bawel✌🏻
*khusus untuk busana resepsi mempelai pria, calon suamiku milih ngejait sendiri, karena mau pake tema Soekarno. Kalo aku sendiri temanya nasional.

- Dekorasi
Dekorasi kita minta tolong ke Teh Tya (via), dan tarif dekorasinya 10 juta. Hari gini nyari vendor dekor yg bagus dan murah emg susah, rata-rata diatas 15 juta. Tapi alhamdulillah dekor dari Teh Tya bagus dan tampak mewah


- MC
Untuk MC kita juga via Teh Tya. Kita dapet MC yg keliatannya nggak terlalu muda sih, tapi profesional. Cara present-nya bagus, dan yg penting nggak judes. MC ini dari akad sampe resepsi, alhamdulillah dapet murah, 1 juta aja😊

- Entertainment
Entertainment disini maksudnya band. Kita nggak pake upacara adat atau hiburan lain (misal: tari-tarian). Selain karena menghemat, untuk mempersingkat waktu juga. Band disini aku pake band temenku, mendanau. Berhubung salah satu personilnya bener-bener temen aku, jadi aku dapet harga temen sekitar 2,3 juta.

- Dokumentasi
Untuk mengabadikan momen sekali seumur hidup ini, kita pake jasa foto dan video dari D'licious Photography. Enaknya vendor ini punya banyak pilihan paket disetiap masing-masing jasa. Misalnya foto, dia punya beberapa paket, begitu juga jasa videonya. Jadi kita bisa mix mau pilih paket foto dan video dengan harga berapa. Waktu itu kita ngambil paket foto yg gold 3,2 juta (udah dapet 1 album foto, 1 foto 16 RP+frame, 4 foto 4R, all file dalam flashdisk), dan paket video premium 2,5 juta (udah di edit dan durasi tanpa batas). Baik admin maupun fotografer/videografernya semua ramah, sigap, nggak judes, masih muda-muda juga.

-Wedding Organizer
Seperti yg disampaikan sebelumnya, kita nggak pake jasa WO. Terus gimana untuk hari H nya? Beruntung sekali aku punya temen-temen yg baik dan sayang sama aku hehe akhirnya pas hari H mereka yg ngatur rundown acaranya. Ya sama aja kaya acara BEM, bedanya ini nikah. Apalagi ini kali pertama mereka terjun ngurusin acara nikahan. Tapi aku percayakan dan mereka udah melakukan yg terbaik. Mereka cukup pake jas dan accessories yg aku sediakan. Beres deh. Hemat👌🏻

- Undangan
Sekarang udah jamannya udah serba digital. Jadi kita juga nggak cetak undangan banyak, cuma 400pcs dgn harga 1800an kalo nggak salah. Nggak sampe 2000 per pcs nya. Sisanya kita undang via medsos. Waktu itu kita beli undangannya online, dengan design unik dan simple. Karna kalo mahal-mahal juga sayang, undangan biasanya cuma dibaca dan jarang disimpen lama-lama alias dibuang.

- Souvenir
Untuk souvenir kita maunya yg bermanfaat dong pastinya.. jadi kita beli centong nasi/sayur, gunting kuku, ada ATK juga. Kenapa banyak, karna kita nyari yg murah dan nggak pake voucher penukaran, jadi sekalian banyak aja. Centong 3000/pcs beli 100, gunting kuku 3000/pcs beli 100, atk (sekitar) 1000/pcs beli 300an. Lumayan👌🏻

- Penghulu
Ini kadang lupa dianggarkan hehe mendaftar ke KUA itu ada biaya administrasinya sekitar 600rb, dan biaya jasa penghulu itu sekitar 500rb.

Selesai deh.

Begitulah cara aku dan suamiku dulu merencanakan pernikahan yg jangan sampai memakan biaya banyak. Menurut kita, vendor-vendor tadi murah dan bagus. Nggak kalah sama vendor hits khususnya di Bandung. Memang kita memutuskan untuk nyari vendor terpisah, karena dirasa lebih murah. Resikonya ya kita harus ngontak satu-satu dan berbeda-beda orang. Beda kalo kita ngambil paket all in, memang lebih praktis karena kita tinggal ngontak 1 orang aja dan kita terima jadi, tapi biasanya lebih mahal (menurut aku ya).
Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi😉

Comments

  1. Alhamdulillah udah lega sekarang ya Teh WiFi. Merencanakan biaya pernikahan dan tetek bengeknya memang harus terencana dan sesuai budget. Puas banget ya kalau bisa dapat yg murah dan bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puas bhanget bu. Dulu kita perhitungan banget, beda harga beberapa ratus ribu aja jadi pertimbangan😅

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Memilih Skincare

Seberapa penting sih skincare buat kamu? Banyak banget brand produk perawatan kulit yg bisa kita temuin dimana-mana, mulai dari produk yg affordable  sampai yg high-end. Aku pribadi termasuk yg peduli akan skincare. Banyak bgt manfaat yg aku rasakan setelah memakai skincare. Aku juga melewati beberapa drama masalah kulit khususnya kulit wajah. Aku pernah mengalami wajah kering, berminyak, kusam, gelap (nyaris gosong😥) karena sinar matahari, komedo, dll. Sampai akhirnya sekarang aku menemukan skincare  yg cocok dan bikin betah. Kali ini aku mau berbagi tips bagaimana memilih skincare yg tepat dan cara merawat kulit versi aku.😉 Kenali Kulitmu Sebelum kamu memilih produk yg mau kamu pakai, pastikan kamu tau jenis kulit kamu terlebih dahulu. Ada jenis kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, sensitif. Jenis kulitmu menentukan produk yg akan kamu pakai. Ingat, produk yg temanmu pakai belum tentu cocok di kamu. Banyak banget aku temuin orang yg pakai produk karena ikut-ikut

BALI: Work While Honeymoon

"Everyday is Holiday when You're in Bali" Setiap bangun tidur, yang aku rasakan kalau lagi di Bali itu "liburan".  Even  memang bukan sengaja berkunjung ke Bali untuk menghabiskan waktu berlibur. Nyaman banget rasanya sejenak terbebas dari hiruk pikuk kota, memanjakan telinga dengan suara ombak, mengistirahatkan mata dengan pemandangan hijau dan biru yang luas. Setiap pagi pengennya cepet-cepet keluar kamar, sekedar menikmati suasana pagi di Bali yang asri dan wangi dupa, menyaksikan warga lokal pergi ke pura, dan jalan-jalan telanjang kaki di pinggir pantai. Kalau cerita liburan atau bulan madu di Bali bagi sebagian pasangan muda mungkin udah biasa ya.. gimana kalau kerja sambil bulan madu? Nah, itu yang aku dan suamiku lewatkan 2 hari pasca menikah, tepatnya di bulan Desember kemarin. Di postingan aku kali ini, aku mau  share  gimana   keseruan aku dan suami dines-moon (dines sambil  honeymoon ) di Bali.😊 Day 1:  Our First Grocery Shopping Hari