Skip to main content

Tips Memilih Skincare


Seberapa penting sih skincare buat kamu?

Banyak banget brand produk perawatan kulit yg bisa kita temuin dimana-mana, mulai dari produk yg affordable sampai yg high-end. Aku pribadi termasuk yg peduli akan skincare. Banyak bgt manfaat yg aku rasakan setelah memakai skincare. Aku juga melewati beberapa drama masalah kulit khususnya kulit wajah. Aku pernah mengalami wajah kering, berminyak, kusam, gelap (nyaris gosong๐Ÿ˜ฅ) karena sinar matahari, komedo, dll. Sampai akhirnya sekarang aku menemukan skincare yg cocok dan bikin betah.
Kali ini aku mau berbagi tips bagaimana memilih skincare yg tepat dan cara merawat kulit versi aku.๐Ÿ˜‰

Kenali Kulitmu
Sebelum kamu memilih produk yg mau kamu pakai, pastikan kamu tau jenis kulit kamu terlebih dahulu. Ada jenis kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, sensitif. Jenis kulitmu menentukan produk yg akan kamu pakai. Ingat, produk yg temanmu pakai belum tentu cocok di kamu. Banyak banget aku temuin orang yg pakai produk karena ikut-ikutan, padahal hasilnya belum tentu sama. Karena kondisi kulit setiap orang berbeda, jadi pastikan kamu mengenali kulitmu.

Baca Kegunaan dan Manfaat Produk
Aku termasuk orang yg mudah percaya sama klaim suatu produk. Tapi, aku tetap hati-hati dan selalu baca kegunaan dan manfaat produk yg mau dipakai yg tertera di balik kemasan produk tsb. Mending berlama-lama baca tulisan dibelakang kemasan sebelum dibeli daripada udah beli tapi nggak kepake kan? Nah, kegunaan dan manfaat produk ini juga disesuaikan dengan kondisi kulit kamu ya. Selain baca tulisan dibelakang kemasan, bisa juga baca review produk tersebut di internet, tanya ke teman, tanya ke spg yg mempromosikan produk itu juga bisa kok.

2R (Rajin dan Rutin)
Ini yg selalu aku tanam dalam diri๐Ÿ˜… rajin dan rutin merawat kulit. Apapun produk yg kamu pakai, semahal apapun produk yg kamu pakai, kalo kamu malas merawat ya percuma. Mungkin beberapa orang menganggap perawatan itu ribet karena harus melewati rangkaian proses yg panjang. Tapi menurutku, mendapatkan kulit yg kamu idam-idamkan itu memang nggak instant.

Perawatan Kulit yang Aku Lakukan..

Perawatan kulit yg aku lakukan semua dilakukan dirumah. Aku merasa cukup melakukan dirumah karena Alhamdulillah nggak ada masalah serius di kulit aku yg mengharuskan aku berlangganan ke dokter kecantikan. Cukup rutin membersihkan muka 1 hari 2 kali menggunakan facial foam. Menurut aku cukup 2 kali sehari, karena kalo berlebihan justru wajah jadi kering. Selain pake facial foam, aku juga pakai facial scrub/home peeling 1-2 kali seminggu untuk mengangkat komedo dan sel kulit mati. Setiap selesai pakai facial scrub/home peeling, aku pakai masker wajah.
Untuk sehari-hari, setiap selesai cuci muka pakai facial foam, aku pake toner untuk mengangkat sisa kotoran di muka, juga sebagai penyegar. Sebelum cuci muka, kadang aku pakai cleanser atau micellar water kalau mukanya kerasa kotor karena seharian diluar rumah, atau karena pakai make up.
Setelah pakai toner, aku rutin pakai serum, setelah itu pakai day cream atau night cream.
Kadang aku malas melakukan serangkaian tadi, karena cukup panjang dan berlapis-lapis. Tapi, aku selalu berusaha untuk tidur dalam kondisi kulit wajah yg bersih. Karena pas tidur, kulit kita ikut istirahat, dan keesokan harinya kulit kita juga harus siap "tampil" lagi.
Gimana caranya menyiasati rasa malas skincare-an malam setelah capek seharian aktivitas diluar rumah? Aku cukup pakai cleanser/micellar water/tissue pembersih wajah. Yg penting muka kita dibersihin.
Selain perawatan dari luar, kita juga perlu memperhatikan perawatan kulit dari dalam dengan menjaga asupan makanan yg kita konsumsi, perbanyak makanan yg mengandung vitamin, banyak minum air putih, dan istirahat yg cukup.

Sekian tips singkat dari aku, semoga bermanfaat✌๐Ÿป

Comments

  1. Kadang kalau udah capek beraktivitas di luar rumah, males bersihin muka. Pengennya langsung tidur wkwk. Tapi kalau gak langsung dibersihin muka jadi kotor, lengket dan kusam. Memang harus rajin dan rutin ya Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget bu. Kadang kalo malem nggak bersihin muka setelah beraktivitas diluar, besoknya aku merasa dosa๐Ÿ˜ฅ Hehehe langsung deh scrubbing/home peeling

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Merencanakan Pernikahan dengan Biaya Murah

Memutuskan untuk menikah muda memang nggak pernah direncanakan sebelumnya. Jangankan nikah, aku juga nggak nyangka bisa cinta lokasi sama lelaki yg sekarang udah sah jadi suami aku. Waktu itu setelah lamaran, kita punya waktu 5 bulan untuk mempersiapkan pernikahan. Kita meng- handle semua sendiri, nggak pake bantuan wedding planner/wedding organizer. Mungkin untuk beberapa pasangan muda pengen nikah dengan biaya yg murah tapi vendornya bagus, termasuk kita. Kayaknya sayang aja bikin pesta mahal-mahal, karena yg terpenting bukan resepsinya, tapi kehidupan setelah menikah itu lebih penting. Nah, di first post kali ini aku mau share gimana cara kita merencanakan persiapan pernikahan dengan budget minim. ๐Ÿ˜‰ 1. Menentukan Waktu dan Tempat Waktu itu calon suami ngasih beberapa pilihan tanggal, setelah diskusi sama keluarga kedua belah pihak, akhirnya kita setuju untuk nikah di tanggal cantik, yaitu 212 (sama kaya tanggal aksi✌๐Ÿป) hari Sabtu tanggal 2 Desember 2017. Pas lah, nggak t

BALI: Work While Honeymoon

"Everyday is Holiday when You're in Bali" Setiap bangun tidur, yang aku rasakan kalau lagi di Bali itu "liburan".  Even  memang bukan sengaja berkunjung ke Bali untuk menghabiskan waktu berlibur. Nyaman banget rasanya sejenak terbebas dari hiruk pikuk kota, memanjakan telinga dengan suara ombak, mengistirahatkan mata dengan pemandangan hijau dan biru yang luas. Setiap pagi pengennya cepet-cepet keluar kamar, sekedar menikmati suasana pagi di Bali yang asri dan wangi dupa, menyaksikan warga lokal pergi ke pura, dan jalan-jalan telanjang kaki di pinggir pantai. Kalau cerita liburan atau bulan madu di Bali bagi sebagian pasangan muda mungkin udah biasa ya.. gimana kalau kerja sambil bulan madu? Nah, itu yang aku dan suamiku lewatkan 2 hari pasca menikah, tepatnya di bulan Desember kemarin. Di postingan aku kali ini, aku mau  share  gimana   keseruan aku dan suami dines-moon (dines sambil  honeymoon ) di Bali.๐Ÿ˜Š Day 1:  Our First Grocery Shopping Hari